Skip to main content

Installasi MikroTik di VMware

1. Langkah pertama untuk menginstall Sistem Operasi MikroTik di VMware tentunya kita harus membuka terlebih dahulu VMware-nya. Pada Tab Home, kita pilih Create a New Virtual Machine atau kita dapat melalui menu File à New Virtual Machine... atau Ctlr+N.

2. Selanjutnya, ada 2 option untuk membuat virtual machine, kita dapat memilih option Typical lalu klik Next. Mengapa kita memilih Typical? agar lebih cepat tanpa harus mengatur yang lain-lain.

3. Selanjutnya untuk mengatur file Iso MikroTik yang akan digunakan untuk installasi,  kita klik Browse lalu cari file iso MikroTik dari disk. Setelah itu klik Next

4. Lalu kita pilih Guest operating systemnya menjadi Other dan versionnya menjadi MS-DOS. Sistem Operasi MikroTik tidak ada dalam daftar. Jadi, kita memilih MS-DOS karena sistem operasi MikroTik merupakan SO berbasis CLI yang mirip dengan MS-DOS. Lalu klik  Next.

5. Setelah itu kita diminta untuk memberi nama dan mengatur lokasi penginstalan Virtual Machine yang akan kita buat. Setelah selesai menamai dan mengatur lokasi penginstalan, kita klik Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.

6. Selanjutnya adalah mengatur kapasitas Harddisk yang akan kita gunakan pada Virtual Machine kita. Kita hanya perlu 2.0 GB saja untuk mengistall MikroTik ini. Selanjutnya klik Next.

7. Lalu hapus centang pada pilihan Power on this virtual machine after creation agar kita dapat mengatur/mengedit settingan Virtual machine kita sebelum kita boot. Lalu klik Finish.

8. Setelah itu, kita klik Edit virtual machine setting.

9. Selanjutnya atur Virtual Machine Settings seperti gambar dibawah.

10. Selanjutnya klik tombol play pada lingkaran 1 atau pada lingkaran 2. Kita juga bisa memulai booting dengan menekan Ctrl+B.

11. Tunggu hingga proses booting selesai. Seletah itu maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Beri tanda “X” pada semua pilihan Software dengan menekan Spasi pada setiap pilihan. Untuk lebih cepatnya tekan “a” untuk memilih semua.

12. Setelah selesai memberi tanda “X”, kita tekan “i” untuk memulai menginstall. Jika ada peringatan seperti dibawah, kita pilih Y atau N sama saja karena kita akan sedang melakukan Clean Install dimana kondisi harddisk masih kosong tidak ada data yang tersimpan.

13. Selanjutnya ada peringatan seperti dibawah. Kita pilih Y untuk melanjutkan installasi

14. Tunggu proses pembuatan partisi pada harddisk.

 15. Selanjutnya kita tunggu installasi software yang kita beri tanda “X” tadi.

16. Setelah installasi selesai, maka akan meminta untuk Reboot. Tekan ENTER untuk me-reboot

17. Setelah di-reboot, maka akan ada tampilan seperti dibawah. Kita pilih saja N.

18. Maka akan muncul halaman login. Berbeda dengan Debian, MikroTik tidak meminta kita untuk mengatur username dan password pada saat penginstalan. Akan tetapi MikroTik mempunyai Default Login yaitu dengan Username “admin” tanpa tanda kutip dan tanpa Password/Password kosong. Setelah itu tekan Enter untuk Login.

19. Installasi MikroTik 5.18 selesai dan kita tinggal konfigurasi.

Comments

Post a Comment

Setelah membaca, Klik Iklan untuk Membantu Admin dan Tinggalkan Komentar. Thank You! :

Popular posts from this blog

Penerapan Keseimbangan Benda Tegar

1. Pemikul Buah     Kesetimbangan adalah keadaan sistem atau benda tidak ada gaya atau tidak ada torsi yang bekerja atau resultannya bernilai nol. Benda tegar didefinisikan sebagai benda yang tidak mengalami perubahan  bila diberi gaya luar dan torsi (t).Syarat kesetimbangan untuk benda yang dianggap sebagai partikel adalah resultan gaya atau torsi  yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol (St = 0) dan benda dalam keadaan diam. Pada benda setimbang berlaku ∑Fx dan ∑y = 0, serta ∑τ = 0. Sebagai contoh penerapan konsep kesetimbangan benda tegar, kami menggunakan aplikasi kesetimbangan benda tegar pada seorang penjual Buah. 2. Pada Ayunan Yang Diam Kesetimbangan merupakan keadaan sistem atau benda, tidak ada gaya atau torsi bekerja atau resultannya nol. Benda tegar didefinisikan sebagai benda yang tidak mengalami perubahan  bila diberi gaya luar dan torsi ( = 0) dan benda dalam keadaan diam. Syarat kesetimbangan untuk benda yang dianggap sebagai partikel adalah r

Ulil Albab - Pengertian, Makna, dan Konsep Ulil Albab

Definisi Kata Ulil Albab Kata Ulil Albab dalam pengertian secara sederhana sering diartikan sebagai orang yang Berakal atau orang yang berfikir . Pengertian ini tidak salah kalau kita tinjau dari sudut istilah bahasa Indonesia. Akan tetapi, mungkin sudah waktunya kita memahami dan mendalami dengan lebih mendalam dan lebih spesifik lagi. Sehingga kita dapat merenungi secara seksama arti kata ulil albab . Sehingga setiap kita membaca ayat suci Al-Qur’an akan menjadi lebih menghayati lagi makna yang terkandung di dalam hati kita.Mari kita lihat beberapa surat di dalam Alqur'an yang mengandung kata Ulil Albab. إِنَّفِي خَلْقِالسَّمَاوَاتِوَالأَرْضِوَاخْتِلاَفِاللَّيْلِوَالنَّهَارِلآيَاتٍلِّأُوْلِيالألْبَابِ الَّذِينَيَذْكُرُونَاللّهَقِيَامًا وَقُعُودًاوَعَلَىَجُنُوبِهِمْوَيَتَفَكَّرُونَفِي خَلْقِالسَّمَاوَاتِوَالأَرْضِرَبَّنَامَاخَلَقْتَهَذا بَاطِلاًسُبْحَانَكَفَقِنَاعَذَابَالنَّارِ Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan

Tanda-tanda Kiamat Kecil (‘Alamah Sughra), Pertengahan (‘Alamah Wustha), dan Besar (‘Alamah Kubra) Berdasarkan Hadits-Hadits Rasulullah S.A.W. Yang Berstatus Shahih.

A. Tanda-tanda Kecil (‘Alamah Sughra) 1. Diutusnya Rasulullah S.A.W.[1] 2. Terbelahnya bulan sebagai Mukjizat Rasulullah S.A.W.[2] 3. Wafatnya Rasulullah S.A.W.[3] 4. Penaklukan Baitul Maqdis[4] 5. Merebaknya penyakit yang berbahaya[5] 6. Terbunuhnya Umar bin Khattab R.A.[6] 7. Terbunuhnya Utsman bin ‘Affan R.A.[7] 8. Peristiwa Perang Jamal[8] 9. Peristiwa Perang Shiffin[9] 10. Fitnah Khawarij dan Perang Nahrawan[10] 11. Penyerahan kekuasaan dari tangan Hasan bin Ali bin Abi Thalib R.A.huma kepada Mu’awiyah Bin Abi Sufyan R.A.[11] 12. Fitnah Tatar dan serangan Turki[12] 13. Munculnya para Dajjal yang mengaku nabi[13] 14. Penaklukan Madain, Ibu Kota Persia[14] 15. Situasi di jalan-jalan[15] terlihat aman[16] 16. Harta melimpah ruah[17] 17. Terhapusnya jizyah dan pajak[18] 18. Api yang keluar dari Hijaz sehingga menerangi leher-leher unta di Busra[19] 19. Bencana Al-Khasaf[20], Al-Qadzaf[21] dan Al-Maskh[22] menjelang kiamat[23] 20. Runtuhnya Ke